Mudah! Ini Cara Membuat Cv Dijamin Menarik Bagi Hrd

Sarti - 24 November 2023

Mengetahui cara membuat CV merupakan skill yang harus dimiliki oleh para pencari kerja. Alasannya karena dengan memiliki skill ini akan memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan passion masing-masing tidaklah mudah. Ada berbagai tahapan dan syaratnya tersendiri, salah satunya adalah pembuatan CV itu sendiri.

Membuat CV

Cara Membuat CV dan Penjelasannya

Mengingat pentingnya CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup ini sangat penting dalam melamar sebuah pekerjaan. Maka dari itu sudah seharusnya Anda mengetahui cara pembuatan yang benar. 

Ketika hendak membuat curriculum vitae, pastikan juga bahwa yang sedang dalam pembuatan tersebut bisa menarik perhatian HRD. Maka dari itu pastikan membuat dengan desain yang kreatif, dan informasi yang jelas dan lengkap.

Selain itu dalam pembuatan CV itu sendiri ada beberapa hal sekiranya perlu dimasukkan. Mulai dari hal yang sangat penting seperti biodata diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan berbagai hal lainnya. Simak lengkapnya berikut. 

1.    Biodata Diri

Ketika ingin mengetahui cara membuat CV, pertama dengan menyiapkan informasi penting seperti data diri. Ini merupakan langkah awal dalam pembutaan daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Pada bagian ini, ada beberapa komponen penting sekiranya penting. misalnya seperti nama lengkap, kemudian alamat, nomor yang bisa dihubungi, media sosial dan lain sebagainya.

Cara membuat CV

Semua hal berkaitan dengan informasi pribadi bisa masuk dalam kategori biodata diri. Semua informasi tadi sangat penting bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan, agar HRD mengenal Anda lebih dekat.

2.    Riwayat Pendidikan dan Riwayat Organisasi

Selain itu, masih ada point lainnya yang merupakan bagian cara membuat CV dengan benar, misalnya dengan memasukkan riwayat pendidikan juga riwayat organisasi. Kedua hal ini juga tergolong penting sebagai bahan pertimbangan dar HRD.

Riwayat pendidikan sangat penting karena ini bisa menjadi senjata untuk dapat bekerja pada perusahaan. Terlebih biasanya setiap perusahaan itu sendiri memberikan berbagai standard minimal dalam riwayat pendidikan seperti lulusan SMA/Sederajat atau S1.

Tidak hanya riwayat pendidikan saja, tapi Anda juga perlu memasukkan bagaimana informasi mengenai riwayat organisasi. Ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri dan bisa menjadi bukti kalau Anda cukup memiliki banyak pengalaman dalam berorganisasi.

3.    Pengalaman Kerja

Berbicara soal cara membuat CV, maka hal yang sudah pasti harus ada adalah pengalaman kerja. Umumnya para pencari karyawan lebih senang dengan orang yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.


Dengan adanya pengalaman kerja sebelumnya ini, akan memudahkan ketika mengerjakan tugas apapun itu. Maka dari itu sebagai pencari kerja jika ingin memiliki riwayat hidup yang baik, pastikan kalau memasukkan pengalaman kerja.

Sebaiknya masukkan semua hal terkait pengalaman kerja secara runtut dan benar. Seperti nama perusahaan, lalu posisi, tahun kerja dan bagaimana gambaran pekerjaan yang pernah Anda lakukan. 

4.    Keterampilan

Terakhir, sebagai cara membuat CV yang bisa menarik hati para HRD adalah yang ada keterampilan. Keterampilan ini juga menjadi hal penting yang perlu Anda masukkan dalam curriculum vitae.

Alasannya karena keterampilan ini nantinya yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para HRD untuk menerima Anda atau tidaknya. Untuk hasil yang lebih baik gambarkan dan buktikan dalam portofolio mengenai keterampilan dan hasilnya.

Pastikan juga bahwa keterampilan yang ada tersebut mendukung pekerjaan yang sedang dilamar. Dengan begitu akan semakin meyakinkan bahwa pekerjaan tersebut benar-benar Anda kuasai dan layak untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang tersedia.

Berdasarkan banyaknya informasi yang sudah teruraikan tadi, maka sudah jelas sekali setiap hal mengenai pembuatan CV itu harus memperhatikan semua detailnya. Dengan memperhatikan semua langkah mengenai cara membuat CV tadi bisa menarik perhatian HRD.

jual beli online