6 Marketplace Situs untuk Umkm Bantu Jualan Makin Laku

Admin - 14 August 2022

Berkembangnya teknologi ini tentu mengubah cara komunikasi masyarakat serta metode berbisnisnya. Sekarang bagi pebisnis yang baru terjun tidak perlu pusing memikirkan wadah untuk mempromosikan produk karena sudah ada marketplace untuk UMKM.

Biasanya marketplace seperti ini sangat berguna untuk pemilik usaha kecil dan menengah. Pasalnya permasalahan yang sering terjadi bagi pebisnis baru adalah masalah pemasaran untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Marketplace Untuk UMKM Aplikasi

Situs tersebut sangat bermanfaat bagi pemilik usaha mikro kecil menengah apalagi proses daftar online UMKM nya juga mudah. Bagi Anda yang bingung mau mendaftar ke mana bisa mencoba beberapa situs di bawah ini.
produk umkm

1. Usahadesa.com

Situs pertama untuk mempromosikan UMKM adalah usahadesa.com. Layanan yang satu ini berbeda dengan situs lainnya karena sejak awal konsentrasinya hanya pada usaha mikro kecil menengah di sebuah desa.

Layanan ini sangat bermanfaat khususnya bagi usaha kecil di desa yang bingung cara untuk memasarkan produknya. Apalagi untuk bisnis-bisnis yang belum mendapat tempat di dunia digital. Masyarakat desa akan dengan mudah mendapatkan pelanggan jika berjualan online.

2. Kriya.co.id

Marketplace untuk UMKM berbasis web yang berikutnya adalah Kriya.co.id. Kriya adalah situs yang khusus untuk pelaku usaha di bidang kreatif misalnya adalah kerajinan tangan. Kriya meluncurkan layanan baru sehingga membuat pengusaha mudah mendapatkan pasar.

Oleh karena itu jika Anda sudah memiliki bisnis sebaiknya langsung saja daftar UMKM di Kriya.co.id. Kriya.co.id mengusung konsep dengan tema everything you need sehingga menyediakan berbagai jenis produk kerajinan tangan seperti fashion dan agrikultur.

Tahap pertama Kriya telah menjalin kerjasama dengan 125 mitra sampai akhir tahun. Agar bisa menembus mencapai 2000 mitra pertahun, Kriya melakukan kerjasama dengan brand communication strategist dan desainer pakaian muslim.

3. Freeloka.com

Situs berikutnya untuk UMKM 2022 adalah Freeloka.com. Freeloka.com merupakan sebuah situs yang menjual barang bekas secara online dengan mudah. Tentu saja sebelum mempromosikan barangnya Anda harus daftar terlebih dahulu.

Freeloka.com telah menjalin kerja sama dengan banyak mitra untuk mempromosikan barang bekas. Freeloka.com ini menggunakan metode pembayaran COD, jadi sama seperti situs-situs lainnya yang akan memudahkan pembeli jika tidak bisa membayar secara online.

4. Blanja.com

Marketplace untuk UMKM di Indonesia yang berikutnya adalah blanja.com. Blanja.com merupakan situs besutan dari ebay dan Telkom dan merupakan salah satu marketplace untuk pengusaha mikro kecil menengah.

Blanja.com juga merupakan situs binaan dari BUMN dan pada Oktober akhir 2016 lalu telah membantu sebanyak 4 ribu pebisnis UMKM dan menjadi mitra dari blanja.com. Blanja.com adalah situs yang berfokus pada banyak jenis produk.

Contohnya adalah kerajinan tangan, aksesoris asli karya anak muda Indonesia dan makanan khas. Selain itu blanja.com juga menyediakan pendampingan dan pelatihan kepada mitra dari blanja.com.

5. UKMMarket.co.id

Jika Anda login UMKM 2022 untuk memasarkan produk UMKM bisa menggunakan situs UKMMarket.co.id. Situs ini telah ada sejak tahun 2014 dan menjadi situs perdagangan berbasis elektronik serta memberikan kemudahan dalam aktivitas jual beli.

Layanan dari situs ini telah bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk membangun bisnis yang maju bagi pelaku UMKM.

6. GoStore

Platform lainnya adalah GoStore yang merupakan besutan dari Gojek. Platform ini telah didukung oleh Moka dan berdiri sejak tahun 2020. Adanya platform ini akan memudahkan Anda untuk terhubung ke pelanggan di sosial media. Anda bisa berjualan apa saja di sini.

Penutup

Tidak usah khawatir bagi pelaku bisnis UMKM karena sekarang sudah ada banyak marketplace untuk UMKM. Adanya situs ini maka akan membantu Anda untuk mempromosikan produk ke seluruh masyarakat Indonesia

jual beli online