5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows yang Lambat

Sarti - 03 November 2023

Mempercepat kinerja laptop Windows saat ini menjadi kebutuhan, karena laptop mampu menunjang beragam kegiatan. Penyebab laptop lambat biasanya karena berbagai alasan.

Baik itu, mulai dari banyaknya aplikasi yang terbuka sampai sistem laptop error. Jadi apabila tidak segera Anda atasi maka masalah kecepatan perangkat tersebut dapat membuat pekerjaan terhambat.


Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows

Secara umum, ada beberapa cara agar kinerja laptop semakin cepat sehingga pekerjaan lebih optimal. Berikut ini penjelasan terkait cara mempercepat kinerja laptop, antara lain

1. Tutup beberapa aplikasi

Pada saat Anda bekerja atau menjalankan tugas, tentunya ada beberapa aplikasi terbuka untuk bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

Ternyata aktivitas satu ini, malah dapat membahayakan kinerja komputer apabila tidak memiliki kapasitas memori atau RAM yang cukup.

Oleh karena itu, Anda bisa tutup beberapa aplikasi yang sudah tidak berguna lagi. Hal ini tentunya agar komputer dapat berfungsi kembali secara lebih maksimal.

2. Hapus Software Tidak Digunakan

Cara lain agar bisa mempercepat kinerja laptop Windows yaitu menghapus software atau aplikasi yang tidak berguna. Berikut ini sudah ada langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Pertama, bisa langsung klik Mulai bilah tugas. Kemudian, bisa tekan tombol Windows pada keyboard.
  • Carilah aplikasi yang ingin sekali Anda hapus dengan cara memasukkan nama aplikasi di bilah pencarian. Lanjut bisa klik kanan aplikasi dan pilihlah "Copot".

3. Hentikan aplikasi yang berjalan

Secara umum, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan dapat memperlambat kinerja laptop. Oleh karena itu, Anda juga bisa batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hal ini tentunya bertujuan untuk bisa mengembalikan kecepatan komputer ke level normal. Adapun cara membatasi aplikasi background ini dapat Anda lakukan melalui fitur Task Manager.

Berikut ini sudah langkah untuk mempercepat kinerja laptop Windows dengan menggunakan fitur Task Manager, antara lain:

  • Pertama, wajib menekan tombol CTRL Shift+ ESC pada papan tik terlebih dahulu. Lalu jendela baru akan muncul dan menampilkan semua aplikasi yang terinstal.
  • Lanjut Anda bisa klik kanan pada aplikasi yang ingin dihentikan. Kemudian, bisa klik opsi End Task. Hal ini agar bisa berhenti berjalan di latar belakang komputer.

4. Pindai perangkat

Pada dasarnya, Virus atau malware berbahaya juga dapat mempengaruhi kinerja laptop Windows. Oleh karena itu, Anda harus bisa memindai virus secara berkala dengan menggunakan program antivirus.

Berikut ini sudah ada cara melakukan pemindaian komputer Windows 10 agar bisa mempercepat kinerja laptop Windows, antara lain:

  • Pertama, wajib memasukkan kata “Virus Threat Protection” yang ada di bilah pencarian. Lalu bisa tekan tombol “Pemindaian Cepat” dan tunggu hingga pemindaian selesai.
  • Fitur ini biasanya secara otomatis akan memindai semua file serta aplikasi di laptop Windows Anda. Apabila ada malware, maka sistem juga akan langsung membersihkannya tanpa cara manual.

5. Menghapus File di Recycle Bin

Recycle Bin terkenal sebagai salah satu tempat penyimpanan file-file sementara yang sudah terhapus. Banyaknya file yang sudah menumpuk di menu, tentunya akan dapat mempengaruhi kinerja laptop.

Oleh karena itu, segeralah periksa menu Trash yang ada di komputer. Apabila sudah penuh, maka bisa hapus semua file tersebut.

Namun, harap pastikan Anda sudah tidak lagi membutuhkan file-file tersebut. Berikut ini sudah ada langkah-langkah mempercepat kinerja laptop Windows, yaitu:

  • Pertama, wajib klik ikon tempat sampah padai layar komputer. Setelah berhasil login, dapat langsung klik kanan di ruang kosong.
  • Lanjut klik “Kosongkan Sampah”, hal ini untuk dapat mengosongkan Sampah.

Sebagai alternatif, Anda bisa menghapus seluruh data sampah yang ada pada recycle bin. Dengan begini, Anda bisa mempercepat kinerja laptop Windows tanpa harus membutuhkan waktu yang lama.

jual beli online