Cara Setting Vpn di Laptop yang Cepat

Sarti - 07 November 2023

Cara setting VPN sangat dibutuhkan agar laptop lebih cepat dalam melakukan pekerjaan. VPN merupakan salah satu layanan yang akan memungkinkan pengguna untuk bisa menelusuri situs web berbeda dengan server jaringan lain.

VPN juga dapat menjelajahi dunia maya pada beberapa negara di dunia tanpa harus teridentifikasi. Agar bisa mengaktifkan Virtual Private Network, Anda juga harus bisa menyesuaikan pengaturannya terlebih dahulu.


Cara setting VPN di Laptop

Cara Setting VPN di Laptop

Faktanya, VPN atau Virtual Private Network kini sudah memiliki berbagai keunggulan yang menguntungkan pengguna Internet. Hal ini tentunya termasuk riwayat penelusuran, perlindungan data, dan yang lainnya

Selain itu, juga dapat mengakses halaman yang sebelumnya tidak mudah diakses, serta memberikan pengalaman bermain game lebih baik. Jadi, sebelum Anda menggunakan Virtual Private Network, maka perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Menggunakan VPN di PC tanpa aplikasi

Bagi para pengguna Windows 10 dan 11, saat ini sudah dapat memperbarui PVN, tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Anda cukup menyiapkan akun PPTP Virtual Private Network serta konfigurasikan Windows.

  • Cara setting VPN pertama, wajib buka Tcpvpn.com dan pilihlah serangkaian server yang tersedia, mulai dari server Asia, AS, Eropa, serta Afrika. Contohnya saja ingin menggunakan server Eropa, maka bisa pilih negara di grup server.
  • Selanjutnya, Anda bisa menggunakan server Virtual Private Network TCP tersebut. Lanjut buat nama pengguna serta kata sandi dan lengkapi formulir.
  • Kemudian, Anda bisa mengklik “Buat akun premium”. Tunggulah proses pendaftaran tersebut selesai dan Anda akan langsung mendapatkan nomor IP server Virtual Private Network.
  • Kemudian, klik pengaturan Windows ke laptop dan pilihlah menu “Jaringan dan Internet”. Cara setting VPN berikutnya, klik menu “VPN” “dan tambahkan koneksi VPN”.
  • Lengkapi seluruh formulir untuk bisa mendapatkan koneksi Virtual Private Network yang baru. Lalu Anda masukkan nama pengguna dan alamat dari akun PPTP Virtual Private Network.
  • Kemudian, kliklah "Simpan", nantinya koneksi yang baru saja dibuat akan terhubung. Setelah berhasil melakukan langkah di atas, maka bisa kunjungi whatismyip.com untuk bisa memastikan koneksi Virtual Private Network benar-benar berfungsi.

2. Setting VPN Menggunakan OpenVPN

OpenVPN merupakan salah satu penyedia instalasi Virtual Private Network yang populer di kalangan pengguna ponsel maupun PC. Hampir sama dengan opsi sebelumnya, ternyata setting Virtual Private Network menggunakan OpenVPN juga perlu menggunakan akun.

  • Cara setting VPN pertama, wajib kunjungi www.vpnjantit.com/free-openvpn.html. Kemudian, bisa gulir ke bawah hingga Anda berhasil menemukan grup server Virtual Private Network yang tersedia, seperti Asia, AS, Eropa, Amerika, serta Australia.
  • Contohnya saja ingin menggunakan server Eropa, maka pilihlah negara di grup server. Berikutnya, kami akan menggunakan UK2 Premium Free. Lalu bisa langsung klik “Create OpenVPN Premium” tepat di bagian bawah.
  • Cara setting VPN berikutnya, bisa lengkapi formulir yang Anda perlukan dengan memasukkan nama pengguna serta kata sandi.
  • Lanjut klik “Create OpenVPN Free”, tidak lupa mengunduh file konfigurasi dengan cara mengklik 'Download OpenVPN' Config PremiUM'. Tombol ini berada di sebelah kanan sejajar dengan tombol buat akun.
  • Tunggulah sampai seluruh proses registrasi selesai dan nantinya akan langsung menerima server Virtual Private Network serta nomor IP.
  • Lanjut simpan dan ekstrak dokumen konfigurasi. Pastikan Anda sudah berhasil menemukan file dengan menggunakan format.ovpn.
  • Namun, perlu Anda ketahui pembuatan akun gratis dengan menggunakan Virtual Private Network hanya berlaku selama 3 hari.

Kedua langkah yang ada di atas bisa langsung Anda coba di rumah. Cara setting VPN memang terbukti sangat cepat dan mudah apabila Anda mengikuti langkah-langkahnya.

jual beli online