Tips Modifikasi Motor Matic yang Aman dan Tidak Merusak

Sarti - 02 November 2023

Perhatikan tips modifikasi motor matic jika tidak ingin mengalami kerusakan. Sudah banyak pemilik sepeda motor mengalami kerusakan pada kendaraannya karena trik modifikasi yang fatal hingga mati total.

Anda harus tahu bahwa matic adalah jenis motor yang menggunakan transmisi V-Belt Automatic. Jika belum tahu, V-Belt adalah transmisi penghubung yang terbuat dari karet serta memiliki penampang trapesium.

Untuk saat ini, motor matic memang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain murah, desainnya juga bagus-bagus. Jika ingin tampil beda, perhatikan tips untuk modifikasi motor matic agar tidak terjadi kerusakan fatal.


modifikasi motor matic

7 Tips Modifikasi Motor Matic yang Paling Aman


Mengapa banyak orang memilih motor matic bila dibandingkan dengan motor gigi? Seperti yang sudah kami jelaskan, motor matic itu harganya cukup murah. Kedua, desainnya bagus-bagus dan terlihat sporty, anak muda pasti akan suka.

Belum lagi, motor matic memang sangat mudah untuk dimodifikasi. Namun, sering kali prosesnya gagal karena kesalahan teknis. Untuk itulah, Anda perlu memahami tips modifikasi motor matic agar hal itu tidak terjadi.

Perombakan mesin itu tidak diperbolehkan ketika Anda akan memodifikasi motor. Tidak ada salahnya melakukan modifikasi, asalkan perubahannya tidak memberi efek negatif setelah modifikasi.

Motor matic tampilan pabrik membuat anak muda merasa bosan, sehingga memilih modifikasi agar memiliki tampilan yang keren. Tips berikut mungkin bisa menjadi inspirasi Anda jika ingin melakukan modifikasi pada motor matic, yaitu :

1. Hindari Membongkar

Hati-hati, jangan pernah melakukan modifikasi pada dapur pacu motor atau bagian mesin. Jika proses modifikasinya tidak sesuai harapan, maka akan menimbulkan kerusakan parah.

2. Pilih Tema Modifikasi yang Bagus

Kemudian, tips modifikasi motor matic adalah dengan memilih tema modifikasi yang cocok. Ada banyak sekali rekomendasinya. Pastikan model modifikasinya tidak terlalu berlebihan dan terkesan norak.

Pilih warna yang tepat serta aksesoris terbaik agar tampilan motor Anda menjadi lebih bagus.

3. Pastikan Mesin Memiliki Tingkat Keamanan yang Mumpuni

Tidak ada salahnya jika Anda ingin memodifikasi mesin. Mungkin mengubah suara motor matic menjadi suara motor racing.

Asalkan tidak mengubah 100% kondisi mesin dan tidak mengancam keselamatan dalam berkendara, tidak masalah sama sekali. Maka dari itu, perlu memodifikasi dengan tingkat keamanan mesin terbaik.

4. Jangan Gunakan Sparepart Pasaran yang Palsu

Ini yang menjadi penyebab utama motor modif rusak, karena mengganti sparepart asli yang original ke sparepart pasaran palsu.

Bukannya bisa memiliki performa yang bagus, justru sparepart palsu tersebut dapat merusak mesin motor matic Anda. Jadi harus lebih bijak lagi.

5. Pilih Tempat Modifikasi yang Kredibel

Bengkel tempat modif di sekitar Anda sudah pasti ada banyak. Namun, cari yang kredibilitasnya tinggi, memiliki review positif dan ditangani oleh ahlinya.

Jika salah memilih tempat modif, bisa-bisa mesin orisinil dari motor Anda, bisa diganti dengan yang palsu. Jika tidak, proses modifikasi gagal karena kecerobohan dari pihak bengkel.

6. Gunakan Jasa Mekanik Ahli

Jangan lupa juga, tips modifikasi motor matic agar berhasil sempurna, harus ditangani oleh mekanik ahli dan berpengalaman. Jika sejak awal memilih tempat modif terbaik, pasti akan ditangani oleh ahlinya.

7. Motor Harus Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Anda boleh melakukan modifikasi di berbagaii titik pada motor matic sendiri, tapi pastikan masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Meski Anda memodifikasinya ke dalam bentuk yang aneh, harus tetap memiliki fungsi aslinya, seperti motor matic pada umumnya.

Sebenarnya mengubah desain motor matic, menambahkan aksesoris dan lainnya tidak masalah sama sekali. Meski Anda memodifikasinya ke dalam bentuk yang aneh, harus tetap memiliki fungsi yang aslinya dan perhatikan tips modifikasi motor matic yang telah kami bahas.

jual beli online