Modif Motor Drag Perlu Pertimbangan Matang Sebelum Melakukannya

Sarti - 10 November 2023

Pernah melihat modif motor drag yang ada di sekitar Anda? Mungkin beberapa dari masyarakat memandang ubahan motor seperti drag sangat mengganggu dan tidak ada bagusnya karena beberapa bagian seperti kehilangan fungsi aslinya.

Meski begitu, tidak sedikit pula orang yang memang menyukai modif motor tersebut. Tujuannya, untuk balapan dan kecepatannya semakin tinggi lagi dengan modifikasi mesinnya. Namun, harus pikirkan lebih panjang lagi jika ingin melakukannya.

Drag Racing memang kerap sekali diadakan oleh para pecinta otomotif, khususnya anak muda dengan hobi balapan. Biasanya modif drag motor memiliki tujuan agar bisa mengikuti balapan tersebut. Tapi pikirkan dengan matang karena hal ini tidak mudah.
Modif Motor Drag

Pertimbangan Modif Motor Drag agar Tidak Menyesal

Meski tampilannya terkesan kurang bagus dan memiliki pandangan negatif bagi sebagian besar masyarakat awam, modif drag motor tidak pernah surut antusiasnya.

Bagi racer pemula, mereka akan suka mengubah motor skuternya menjadi model drag sebagai media untuk balapan.

Balapan yang dilakukan para pengendara drag motor sebenarnya tidak resmi, namun sering kali diadakan oleh komunitasnya. Tentu saja pada tempat aman agar tidak terjadi kerusuhan.

Drag motor memang seperti kerangka saja, tapi jangan sepelekan kecepatannya, karena ada ubahan di mesin kendaraan tersebut.

Balapan menggunakan drag motor sebenarnya tidak mudah karena berada di jalan lurus. Untuk itulah kenapa jika ingin modif drag motor perlu menggunakan mekanik handal agar bisa digunakan sesuai fungsinya.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan jika ingin mengubah motor matic menjadi model drag :

1. Siapkan Dana Jutaan

Fakta pertama yang perlu Anda tahu jika ingin modif drag motor yaitu butuh biaya jutaan rupiah. Berdasarkan pengakuan kebanyakan mekanik, untuk modifikasi standar saja bisa menghabiskan kisaran 2 sampai 5 juta rupiah.

Meski terlihat jauh lebih minimalis, tapi bukan berarti harga modifnya murah. Jadi, siapkan dana jika ingin teralisasikan.

2. Mengganti Saasis Motor

Jika memang Anda telah setuju untuk melakukan modifikasi menjadi drag, maka relakan motor hanya tinggal rangka atau sasis saja.

Ketika hanya tinggal rangka dan masih termasuk berat, harus ganti rangka. Karena dalam

3. Wajib Memodifikasi Mesin Secara Keseluruhan

Motor drag itu digunakan untuk balapan, jadi tidak mungkin jika tampilannya sudah keren, tapi tarikannya sangat kurang.

Maka dari itu, mesinnya perlu diupgrade. Biasanya bagian yang akan diganti adalah bagian klep. piston, karburator, kabel busi dan beberapa komponen lainnya.

Selain itu, memperbesar diameter piston motor juga sangat penting untuk perbandingan transmisinya. Jangan lupa juga perbandingan gigi akhir.

4. Mengubah Kaki-Kaki Motor

Kaki-kaki pada motor drag memang harus kuat. Biasanya kebanyakan orang akan berfokus pada bagian suspensi dengan cara menyesuaikan ukuran motornya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran ban. Karena akan digunakan untuk balapan, ban motornya juga perlu menyesuaikan. Biasanya ukuran ban depan adalah 60/90 dan ban belakang adalah 60/80.

Tambahan untuk Anda, karena ban juga diganti, tentu velg harus menyesuaikan. Gunakan mekanik handal agar bisa melakukan modif dengan baik.

5. Bahan Bakarnya Khusus

Dan terakhir adalah bahan bakar yang dibutuhkan bukan lagi pertalite atau pertamax. Namun, bahan bakar yang Anda butuhkan harus memiliki oktan tinggi. Tujuannya agar menyeimbangkan modifikasi drag motor Anda.

Setelah Anda mengetahui mengenai beberapa fakta ini, apakah masih akan melakukan modif drag motor? Jika memang ingin melakukannya, jangan menyesal setelahnya. Pertimbangkan segalanya terlebih dulu.

jual beli online