Cara Membuat Bpjs Kesehatan Secara Online dan Offline

Sarti - 30 November 2023

Sebagian orang bisa saja belum mengetahui bagaimana cara membuat BPJS yang benar. Ada banyak sekali alasannya salah satunya karena kurangnya memiliki pengetahuan dalam pembuatan BPJS itu sendiri.

Padahal sebenarnya pembuatannya tergolong cukup mudah, terlebih saat ini zaman semakin canggih sehingga memungkinkan melakukan pendaftaran secara online. Karena itulah sebaiknya Anda jangan sampai tidak mengetahui caranya.

Cara membuat BPJS Kesehatan

Pastikan Melengkapi Persyaratannya

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara pembuatannya. Sebelum itu pastikan kalau Anda mengetahui apa saja persyaratan pembuatan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) itu sendiri.

Untuk bisa melakukan pendaftarannya, siapkan berbagai dokumen kiranya yang dibutuhkan. Beberapa dokumen tersebut akan sangat berguna dalam proses pembuatan, berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebagai persiapan cara membuat BPJS.

- Siapkan scan/fotokopi Kartu Keluarga

- Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

- Nomor telepon yang bisa dihubungi

- Buku Rekening

- Pas Foto ukuran 3x4

- Informasi data diri seperti email


Jika semua persiapan tadi sudah siap secara keseluruhan, tentunya ini akan memudahkan ketika hendak melakukan pendaftaran. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa melakukan pendaftaran saat ini dapat dilakukan secara online dan offline.

Cara Membuat BPJS Kesehatan Mandiri

Dalam rangka mengetahui bagaimana cara membuat BPJS itu, setidaknya ada dua langkah pilihan. Jika memilih cara online maka membutuhkan koneksi internet, sedangkan jika menggunakan cara offline perlu mengunjungi kantor BPJS secara langsung.

Sebelum itu perlu diingat beberapa persyaratan yang sebelumnya tadi itu perlu Anda sesuaikan dengan alur pendaftaran yang dipilih. Misalnya memilih online, maka semua berkasnya berbentuk file. Sedangkan jika offline semua berkasnya berbentuk dokumen.

Kartu Indonesia Sehat

Tentunya kedua hal tersebut akan jauh berbeda, karena berbentuk file itu bisa Anda simpan dalam memori penyimpanan tertentu. Sedangkan bentuk dokumen adalah berupa kertas yang pastinya memiliki cara berbeda dalam penyimpanannya.

1. Mendaftar Secara Online

Pertama, jika Anda memilih cara membuat BPJS menggunakan cara online. Pastikan semua dokumen persyaratannya berbentuk file lengkap yang bisa Anda gunakan saat melakukan pendaftaran.

Karena memilih menggunakan cara online ada beberapa tahapan sekiranya perlu Anda lakukan. Agar tidak salah, berikut penjelasan lengkapnya jika memilih melakukan pendaftaran secara online.

- Pastikan sudah melakukan pengunduhan aplikasi Mobile JKN pada google play store maupun app store.

- Lalu buka aplikasinya dan pilih menu daftar, pilih pendaftaran peserta baru, lalu baca ketentuannya dan pilih setuju.

- Setelah itu cara membuat BPJS selanjutnya adalah dengan memasukkan NIK KTP dan masukkan kode captcha.

- Kemudian masukkan data diri yang sebenarnya dan lengkap.

- Lalu pilih fasilitas kesehatan (faskes) sesuai kebutuhan, masukkan email dan simpan.

- Jika semua data sudah masuk, Anda akan diberikan kode verifikasi melalui email, masukkan kode tersebut.

- Lalu pada tahapan akhir jangan lupa melakukan pembaruan preminya.

Apabila semua rangkaian cara tadi sudah Anda lakukan dengan benar, maka secara resmi menjadi peserta BPJS. Mengenai kartunya, bisa melakukan pencetakan secara mandiri atau bisa dengan menunjukkan kartu digitalnya saja saat berobat.

2. Mendaftar Secara Offline

Berbeda dengan cara membuat BPJS secara online tadi, jika memilih cara offline artinya perlu mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat. Semua persyaratan berupa fotokopi dan siapkan juga cetak foto 3x4 sebagai persyaratan.

Setelah itu kunjungi kantor terdekat, dan ikuti arahan dari petugas yang ada. Isi seluruh formulir sebagai dokumen persyaratan, dan jangan lupa untuk melakukan pembayaran.

Apabila semua rangkaian sudah selesai maka tinggal menunggu nama Anda dipanggil dan mendapatkan kartunya. Setelah itu kartu tersebut bisa dipakai jika sewaktu membutuhkan bantuan tenaga medis.

Dari semua uraian tadi memilih melakukan pendaftaran secara online maupun offline keduanya bisa menjadi pilihan. Paling penting ketika hendak mengetahui cara membuat BPJS adalah memastikan sudah menyiapkan semua dokumen persyaratannya.

jual beli online