Marketplace dengan Pengunjung Terbanyak

Admin - 01 August 2022

Banyaknya orang yang beralih menjadi pebisnis muda membuat berbagai marketplace menjadi lebih banyak digunakan. Tidak hanya dari bisnis perseorangan, perusahaan saat ini juga gencar memilih marketplace dengan pengunjung terbanyak sebagai ladang promosinya.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang menggunakan atau menjadi member dari marketplace online ini. Apalagi di masa pandemi saat ini yang membuat orang cenderung berbelanja melalui online. Berikut adalah 5 Marketplace terbesar di Indonesia.

Daftar Marketplace Dengan Pengunjung Terbanyak

Berikut adalah informasi apa saja marketplace dengan pengunjung terbanyak yang perlu Anda ketahui.

1. Tokopedia

Berdasarkan data di tahun 2001, Tokopedia memiliki jumlah pengunjung dengan total sebesar 135 juta. Jadi, Tokopedia adalah marketplace paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Menurut catatan survei, banyak orang yang menggunakan platform ini karena banyaknya variasi produk yang diberikan. Anda bisa menemukan berbagai jenisnya dari fashion, perlengkapan bayi, bahan makanan, skincare, dsb.
marketplace pengunjung terbanyak

Selain itu, Tokopedia lebih disukai oleh banyak UMKM pemula. Untuk menambah jumlah penjualan, pebisnis dapat memanfaatkan fitur promosi yang disediakan oleh Tokopedia.

Diantaranya adalah broadcast chat sampai dengan statistic toko untuk menganalisis perkembangan usaha.

2. Shopee

Shopee adalah platform besar untuk jual beli online baik untuk domestik maupun luar negeri. Pengunjungnya bisa mencapai 127 juta. Banyak yang menyukai Shopee untuk dijadikan sebagai platform pembelian online.

Hal ini didasarkan karena harga produk yang relatif murah. Ada banyak cashback sampai dengan diskon untuk toko tertentu.

Selain itu, kategori produknya juga cukup lengkap hampir sama dengan Tokopedia. Ada juga fitur Shopee Live, chat bot yang memudahkan penjual untuk mempromosikan barangnya.

3. Bukalapak

Daftar e-commerce di Indonesia berikutnya adalah Bukalapak. Dirilis pada tahun 2010 dan sudah menjadi salah satu marketplace yang terpercaya. Dapat dilihat dari jumlah pengunjungnya yang banyak yaitu mencapai 34 juta orang.

Misi platform ini awalnya digunakan untuk mempromosikan lapak UMKM. Kemudian, semakin berkembang sehingga sudah banyak pula perusahaan yang menjual di tempat ini. Sekitar 6 juta merchant yang aktif.

Di Bukalapak, Anda bisa menemukan berbagai jenis barang yang diinginkan. Tampilannya juga user friendly sehingga dapat dengan mudah diaplikasikan bagi pemula sekalipun.

Ada berbagai kategori yang diberikan seperti hobi dan gaya hidup, elektronik, fashion, dsb.

Untuk pebisnis juga ada fitur yang mendukung jualan tambah laris contohnya yaitu pantau saingan, inventaris barang, dsb.

4. Lazada

Aplikasi marketplace berikutnya adalah Lazada yang saat ini dimiliki oleh Alibaba Group. Berapa banyak pengguna Lazada? Jumlah pengunjung yang mengakses Lazada adalah 30 juta tiap bulannya.

Menurut hasil survei kepada para pelanggannya, banyak yang menyukai Lazada karena memiliki reputasi yang bagus dengan harga yang relatif murah.

Jadi, pengguna lebih suka untuk berbelanja di tempat ini. Meski menduduki puncak keempat, Lazada adalah marketplace Facebook yang banyak diikuti. Bisa dilihat dari banyaknya pengikut toko online ini yaitu sampai 31 juta.

5. Blibli

Blibli juga saat ini semakin terkenal karena ada boy group korea yang turut mempromosikannya.

Marketplace online ini memiliki pengunjung sebanyak 19 juta tiap bulannya. Banyak yang suka dengan Blibli karena barang yang ditawarkan dijamin ori sehingga dapat meningkatkan reputasinya.

Blibli menjadi semakin berkembang dengan semakin banyaknya toko baru yang bermunculan. Kini sudah lebih dari 16 ribu toko yang ada.

Penutup

Itulah marketplace dengan pengunjung terbanyak yang harus diketahui. Dengan adanya informasi ini membuat Anda semakin yakin untuk memilih platform terbaik untuk membeli atau menjual produk.

jual beli online